Jelajah alam hutan Trawas Mojokerto ketika Jelajah LPKCB pada tanggal 25 Agustus 2018 Santri Pondok Modern Al-Barokah Nganjuk

Belajar memahami alam dan lingkungan sekitar merupakan sumber belajar utama dalam pembelajaran biologi. Lingkungan sekitar yang dimaksud dalam website ini adalah lingkungan fisik, sosial, budaya, dan teknologi yang berada di sekitar siswa atau siswi.

Lingkungan merupakan sumber belajar by utilization, yaitu sumber belajar yang didesain tidak untuk pembelajaran, namun dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Eksplorasi merupakan salah satu cara memanfaatkan lingkungan sekitar siswa atau mahasiswa sebagai sumber belajar. Namun demikian eksplorasi yang dilakukan siswa atau mahasiswa harus diikuti dengan kegiatan pembelajaran yang berkesinambungan dengan kegiatan tersebut, sehingga diperoleh hasil pembelajaran yang efektif dan efisien.

Efektifitas dan efisiensi pembelajaran biologi yang memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar utama ditentukan oleh bagaimana guru atau dosen memilih, menentukan, dan mengimplementasikan pendekatan, strategi, model, dan metode dalam desain pembelajarannya baik secara indoor maupun outdoor.

 

 

You May Also Like

Taharrak Fa-Inna Fil Harakati Barakah

 AYO OLAHRAGA………….   Taharrak Fa-Inna Fil Harakati Barakah (Bergeraklah, karena setiap gerakan…

Senam Pagi Mingguan Santri Pondok Modern Al-Barokah

  العقل السليم فى الجسم السليم ,Salah satu filsafat yang selalu didapati…