Sejarah Singkat Berdirinya Pondok Modern Al-Barokah

View Pondok Modern Al-Barokah Nganjuk

Bermula dari tradisi silahturrahmi dengan berbagai pesantren, H. Harmoko memiliki obsesi untuk mendirikan lembaga pendidikan pesantren yang didasari atas harapan orang tuanya, H. Asmoprawiro dengan system seperti yang ada di Pondok Modern Gontor, maka pada tahun 1992, dimulailah pembangunan sarana dan prasarana pondok diatas areal tanah 6 ha yang peletakan batu pertamanya oleh para pimpinan Pondok Modern Gontor, para tokoh masyarakat beserta keluarga H. Harmoko tersebut bergabung dalam satu yayasan yang bernama Yayasan Insan Barokah yang diketuai oleh H. Harmoko sendiri.
Lembaga pendidikan ini memulai pelaksanaan program pendidikan dengan system KMI pada tanggal 3 Agustus 1993, dan dengan rahmat dari Allah, mulailah berdatangan santri satu persatu dari berbagai daerah seperti Jepara, Riau, Jakarta, Kalimatan, Malang dan sekitarnya, mereka yang kemudian menjadi santri perdana dengan jumlah 20 santri. Pesantren ini diberi nama “Al-Barokah“ oleh KH. Drs. Rosyidin Ali Said dengan harapan do’a, semoga pesantren ini selalu diliputi keberkahan dan kesejahteraan lahir dan batin bagi penghuninya dan masyarakat sekitar. Pondok Modern Al-Barokah Nganjuk ini diresmikan penggunaannya pada tahun 1995 oleh Bapak Mentri Agama H. Dr. Tarmidzi Taher dan Menteri Penerangan H. Harmoko dengan dihadiri oleh para pejabat dari pusat maupun daerah beserta tokoh-tokoh masyarakat.

Visi dan Misi Lembaga

Visi Lembaga

Semata-mata untuk ibadah kepada Allah SWT dan mengharap ridho-Nya (tercermin dalam sikap tawadhu’, tunduk, dan patuh kepada Allah SWT

Mengimplementasikan fungsi Khalifah Allah di muka bumi (tercermin dalam sikap pro-aktif, inovatif dan kreatif) [QS, 2:30].

Misi Lembaga

Mempersiapkan kader-kader ulama pemimpin umat (mundzirul Qoum yang muttafaqqih fid dien), professional,; baik sebagai ilmuan / akademisi maupun sebai praktisi, yang mau dan maupun untuk melaksanakan ; dakwah ilal khair, amar ma’ruf nahi munkar dan indzarul qoum. (QS, 3 : 104 dan 9 : 122)

Motto Pondok Modern

  1. Berbudi Tinggi
  2. Berbadan Sehat
  3. Berpengetahuan Luas
  4. Berfikiran Bebas
MASJID PONDOK MODERN AL-BAROKAH PATIANROWO NGANJUK JAWA TIMUR
MASJID PONDOK MODERN AL-BAROKAH PATIANROWO NGANJUK

FALSAFAH DAN MOTTO PENDIDIKAN

  1. Panca Jiwa Pondok Modern Al-Barokah (Keikhlasan, Kesederhanaan, Ukhwah Islamiyah, Kemandirian, Kebebasan)
  2. Berdiri diatas dan untuk semua golongan
  3. Berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengetahuan luas, berfikiran bebas.
  4. Jadilah ulama intelek bukan intelek yang tahu agama (filsafat keilmuan).
  5. Hidup sekali hiduplah yang berarti.
  6. Berjasalah tapi jangan minta jasa.
  7. Siap dipimpin dan siap memimpin
  8. Berani hidup tak takut mati, takut mati jangan hidup, takut hidup mati saja. (diambil dari Juklak Mengenal Sistem Mu’allimin Pondok Modern Al-Barokah)

EKSTRA KURIKULER

  1. Ketrampilan dan Kesenian; meliputi seni Islami dan umum, termasuk kaligrafi, musik, banjari, nasyid, drama, teater, sablon, dll.
  2. Olah Raga ; Sepakbola, futsal, basket, voly, bulu tangkis, dll
  3. Bela diri “IKABA (Ikatan Karate Al-Barokah)
  4. Menjahit, merajut, membatik, menyulam.
  5. Komputer
  6. Pidato 3 bahasa
  7. Hifdzul Qur’an
  8. Pramuka
  9. Budidaya tanaman
  10. Jurnalistik