Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْعَبْدَ التَّقِىَّ الْغَنِىَّ الْخَفِىَّ

“Sesungguhnya Allah mencintai seorang hamba yang bertakwa, merasa cukup dan menyembunyikan amalannya.” [HR. Muslim 2965]

Yang dimaksud dengan

[1] Taqiy yaitu seorang yang senantiasa melaksanakan segala yang diwajibkan oleh Alloh dan menjauhi segala larangannya, semata-mata ingin meraih keridhaan Alloh dan takut akan adzab atau siksa-Nya.

[2] Ghaniy yaitu orang yang kaya jiwa atau hatinya dan tidak meminta-minta kepada manusia, melainkan dia berkecukupan terhadap rezeki pemberian Alloh yang ia dapatkan dari hasil usahanya.

[3] Khafiy yaitu seorang yang tidak menyebut-nyebut amal kebaikannya dan senantiasa menyibukkan diri untuk beribadah kepada Alloh dan dzikir kepada-Nya serta menyibukkan diri dengan amal-amal yang bermanfaat bagi dirinya.

Barangsiapa yang dapat mengumpulkan ketiga sifat ini, maka sesungguhnya Alloh akan cinta kepadanya, karena ia telah bertakwa kepada Alloh, sedangkan Alloh itu mencintai orang-orang yang bertakwa dan juga karena dia merasa cukup terhadap apa yang Alloh anugerahkan kepadanya.

Dan siapa saja yang bersikap seperti ini, niscaya Alloh akan mencukupinya dan mencintainya. Dan juga ketika kedua sifat itu ditambahkan dengan sifat yang ketiga, yaitu seseorang yang banyak beramal kebaikan dan menyembunyikannya dari manusia menjadikan sempurnanya kebaikan dia, sehingga terfokus hanya berbuat baik dengan niatan hanya untuk Alloh bukan untuk mendapatkan pujian manusia.

Itulah hamba yang ber-uzlah (mengasingkan diri) dari hiruk pikuknya manusia dengan urusan dunia mereka.

Wallohu a’lam

Dinukil dengan terjemahan Taudhihul Ahkam syarh bulughul maram, Syaikh Abdulloh Alu Bassam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Senam Pagi Mingguan Santri Pondok Modern Al-Barokah

  العقل السليم فى الجسم السليم ,Salah satu filsafat yang selalu didapati…

Taharrak Fa-Inna Fil Harakati Barakah

 AYO OLAHRAGA………….   Taharrak Fa-Inna Fil Harakati Barakah (Bergeraklah, karena setiap gerakan…