Kursus Intensif untuk pengajaran Bahasa Arab dengan 4 keterampilan. Jumat (21/06/2024).

Pondok Modern Al-Barokah Nganjuk mengadakan Kursus Bahasa secara Intensif untuk Guru-guru KMI dengan mengundang Al-Ustadz KH. Afit Juliat Nur Kholis, MA.

Dalam sambutannya Bapak Pimpinan menyampaikan pentingnya kegiatan seperti ini untuk meningkatkan kapasitas guru dalam mengajar bahasa Arab, terlebih Pondok Modern Al-Barokah Nganjuk memakai kurikulum KMI Gontor yang memakai 70% Bahasa Arab.

Ustadz Afit yang sekaligus Pimpinan Pondok Pesantren Mumtaza Prapas Banjarnegara menyampaikan hari ini kita akan belajar Maharah Lughoh (ketrampilan berbahasa) bukan Ma’lumat Lughoh (pengetahuan berbahasa), maka Kurikulum KMI yang sebagai bahan ajar di Pondok Modern menjadi sumber untuk belajar bahasa Arab para santri.

Selanjutnya Beliau menyampaikan bahwa praktek berbahasa itu bukan di luar kelas saja tp di dalam kelas, maka untuk materi Sima’ah (kemampuan mendengar), seorang murid di kelas mendegar 70% dari guru dan guru mendengar 30% dari murid, sebaliknya untuk materi Kalam (kemampuan bicara) maka murid bicara 70% dan 30% guru.

Beliau tutup dengan slogan MUJAHID tidak kenal lelah, tidak cengeng dan tidak pernah menyerah.

#daurahlughoh #guru #kmi #pondokmodernalbarokah #pesantrenmumtaza #bahasaarab #pesantrendinganjuk #muadalah

You May Also Like

Al-Barokah Bersholawat – Maulid Nabi Muhammad SAW

AL-BAROKAH Bersholawat bersama Al-Habib Syeh Muhammad Assegaf di lapangan PondokModern Al-Barokah Nganjuk…

Siapa Yang Bersungguh-Sungguh Akan Berhasil – Kunci keberhasilan – Pondok Al Barokah – Ponpes Alumni Gontor

Ada 3 Kunci keberhasilan dalam peribahasa Arab . 1. Man Jadda Wa…